Yuk, Berkunjung di Ibukota Kabupaten Pasaman Sekaligus Mengenal Kebudayaan Nusantara

 

Ibukota Kabupaten Pasaman, terkenal akan situs cagar budaya yang menjadi objek wisata sejarah oleh para wisatawan tatkala berkunjung di Sumatera Barat. Sejumlah cagar budaya tersebut banyak yang belum terpublikasi dengan baik, sehingga wisatawan banyak yang tidak mengetahui. Lantas apa saja situs budaya yang dimaksud ? Simak daftarnya berikut!

Menilik Cagar Budaya di Pasaman Upaya Melestarikan Kebudayaan Indonesia

  1. Museum Tuanku Imam Bonjol

Museum Tuanku Imam Bonjol dulunya menjadi salah satu bangunan yang digunakan Imam Bonjol dalam usaha penyerangannya melawan penjajah. Sejarah tersebut dibuktikan dengan jelas adanya peninggalan senjata dan perlengkapan lain  yang tersimpan rapi di dalam museum ini.

  1. Kompleks Candi Tanjungmedan

Candi Tanjungmedan menjadi kompleks percandian Budha, berasal dari masa sekitar abad 12-13 masehi yang lalu. Sejumlah masyarakat setempat mengungkap, Candi Tanjungmedan dikenal pula dengan Candi Putri Sangkar Bulan. Dahulu, penemuan candi ini bermula ketika diadakan proyek pembuatan saluran irigasi.

  1. Arca Dwarapala

Arca Dwarapala merupakan sebuah arca berukuran sangat besar, setinggi 370 cm. Pemerintah menjadikannya sebagai arca Dwarapala terbesar di Indonesia. Menurut sejumlah artikel, arca tersebut sempat mengalami pergeseran, yang mana sempat berganti posisi, ketika pada masa Pemerintahan Hindia Belanda.

  1. Rumah Gadang Raja Sontang

Daftar cagar budaya selanjutnya yakni Rumah Gadang Raja Sontang, dengan struktur rumah berbentuk panggung berdenah dengan tinggi 1 m diatas permukaan tanah. Menurut sejarahnya, Raja Sontang merupakan salah satu dari tiga raja yang ada di Pasaman, dimana rumah gadang Raja Sontang menjadi salah satu bukti sejarah Tuanku Raja Sontang.

Daftar cagar budaya yang disebutkan di atas, saat ini masih diupayakan oleh pemerintah Pasaman agar lebih dikenal masyarakat sehingga semakin terjaga kelestariannya. Daftar tersebut hanyalah beberapa dari sekian banyak cagar budaya yang terdapat di Pasaman. Cagar budaya ini diharapkan bisa terus eksis dan menjadi wisata sejarah pilihan wisatawan.

 

Related Posts