Susunan Acara Pengantin Adat Jawa

Di bulan-bulan tertentu sepanjang tahun selalu ada saja yang melangsungkan pernikahan. Menikah memang hal yang banyak dilakukan oleh pasangan yang telah merasakan kecocokan antara satu dengan lainnya. Dalam beberapa suku dan adat yang ada di Indonesia, pernikahan bukan lah yang bisa begitu saja dilakukan. Terdapat ritual-ritual atau susunan acara yang harus lebih dulu dilakukan. Beberapa acara pernikahan yang sangat banyak susunannya adalah Jawa. Acara pengantjn yang dilakukan adat Jawa memang terbukti cukup banyak dan menjadi adat yang sangat banyak dipilih oleh para calon mempelai. Susunan acara pernikahan ini biasanya akan disusun oleh wedding organizer yang telah dipilih mempelai. Mereka juga akan bekerja sama dengan beberapa pihak lain yang akan mensukseskan prosesi pernikahan tersebut. Yang paling umum dibutuhkan oleh calon mempelai yang ingin melakukan pernikahan serta oleh event organizer sendiri adalah dekorasi. Dekorasi sebuah pernikahan pastinya akan selalu memerlukan bunga. Bunga memng menjadi salah satu item yang sangat penting untuk mendapatkan kesan yang menarik dan mendalam. Terkadang bunga memiliki arti penting dari adat tertentu. Florist batam bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendapatkan bunga berkualitas yang terbaik dan pastinya selalu segar untuk digunakan.

Proses Lamaran Dalam Adat Jawa

Acara yang harus selalu ada dalam adat pernikahan jawa adalah prosesi lamaran. Seorang mempelai laki-laki harus berani meminta restu dari orang tua pihak wanita. Proses ini dilakukan di awal seblum proses pernikahan dilangsungkan. Acara lamaran sendiri tidak memiliki sebuah adat khusus hanya saja dalam beberapa waktu ini, prosesi dilakukan bersama dengan acara pengajian. Dalam acara ini pihak laki-laki akan datang ke rumah orang tua si perempuan bersama dengan keluarga mereka. Tak hanya sekedar datang saja akan tetapi mereka juga membawa seserahan yang bisa berupa banyak hal. Seserahan yang diberikan pihak pria pada wanita calon pengantin mereka ini tidak selalu sama antara satu dan lainnya. Bagi yang beragam muslim mereka biasanya menyertakan seperangkat alat sholat beserta dengan hal lainnya.

Tak jarang pihak pria juga memberikan perhiasan, pakaian hingga barang kekinian. Barang-barang ini tergantung dari permintaan pihak wanita sendiri. Dalam dunia modern seserahan sudah bisa berupa ponsel, hingga barang elektronik. Semua itu sangat bergantung dari apa yang disepakati oleh dua belah pihak. Saat prosesi lamaran ini berlangsung biasanya mempelai pria akan memberikan cincin sebagian bukti pengikat bahwa mereka telah menjadi calon ppasangan. Saat acara lamaran ini pula pihak keluarga akan menentukan hari baik, persiapan hingga apa saja yang dibutuhkan untuk proses pernikahan selanjutnya. Dalam adat jawa, prosesi ini bisa bersamaan dengan saat melakukan pernikahan atau lebih dulu dan sebelum proses pernikahan dilakukan.

Proses Akad Nikah Adat Jawa

Tahapan yang selanjutnya adalah prosesi akad nikah. Saat akad nikah dilakukan, kedua mempelai harus melakukan proses pengucapan ijab kabul di depan penghulu. Pada saat ini lah mempelai wanita akan dirias dengan riasan khusus yang memang menjadi ikon adat Jawa itu sendiri. Pakaian yang dikenakan dan aksesoris yang ada di dalam acara tersebut semuanya bertemakan adat yang mereka lakukan. Dekorasi bunga dan segala macamnya memang menjadi salah satu hal yang cukup penting. Saat proses akad dilakukan, maka mempelai pria akan mengucapkan janji dengan bukti mas kawin yang mereka berikan pada pihak perempuan itu sendiri.