Memahami Jenis Gangguan Perkembangan Pervasif Pada Anak

 

Tahap perkembangan anak terkadang tidak selalu sesuai dengan keinginan para orang tua. Kadang terdapat beberapa gangguan yang menyerang anak. Gangguan perkembangan pervasif pada anak adalah salah satu gangguan yang memiliki keterkaitan dengan retardasi mental. Berikut jenis gangguan perkembangan untuk menambah wawasan kesehatan anda.

Jenis Gangguan Perkembangan Pada Anak

1.Autis (Childhood Autis)

Gangguan pertama yaitu autisme. Pada gangguan ini terjadi ketika anak mengalami kelainan yang terdapat pada perkembangan neurologisnya atau sistem saraf. Sehingga dapat menyebabkan anak menderita permasalahan yang kompleks.

Gangguan autisme seperti adanya gangguan dalam berkomunikasi, interaksi sosial, berbahasa maupun berperilaku. Sayangnya, gangguan ini tidak dapat disembuhkan. Untuk gejala penyakit ini terdapat pada saat anak usia sekitar 1 hingga 2 tahun.

  1. Sindrom Rett (Rett’s Syndrome)

Terkadang banyak orang yang mengartikan sindrom rett ini sama dengan autisme. Faktanya, kedua penyakit ini berbeda. Yang mana Sindrom Rett disebabkan atas adanya mutasi genetik sehingga dapat menyebabkan adanya gangguan pada perkembangan syaraf otak.

Untuk penyebabnya sendiri, Sindrom Rett dipercaya karena adanya mutasi genetik. Tetapi, jenis perubahan gen atau mutasi tersebut hingga saat ini belum dapat untuk diidentifikasi secara pasti.

  1. Sindrom Asperger (Asperger’s Syndrome)

Gangguan perkembangan selanjutnya yaitu Sindrom Asperger yang termasuk pada gangguan spektrum autisme (ASD) yang disebabkan kelainan pada neurobiologis. Pada umumnya sindrom ini diderita oleh anak laki-laki, ketimbang pada anak perempuan.

Sering kali sindrom ini tidak dapat dideteksi hingga anak tersebut masuk ke dalam lingkungan sosialnya. Penyebabnya, dikarenakan penderita asperger memiliki fisik serta kemampuan intelektual yang normal sama seperti anak-anak pada umumnya. Hanya saja ada permasalahan pada perilaku serta interaksinya.

Demikian beberapa gangguan perkembangan pada anak. Sekiranya informasi ini dapat menjadi wawasan atau pembelajaran untuk anda para orang tua yang saat ini memiliki seorang putra atau putri. Yang tentunya pada saat ini sedang dalam tahap memperhatikan seputar perkembangan anak.