Cara Mengatasi Mata Merah dan Gatal

 

Banyak sekali penyebab mata merah dan gatal. Entah itu karena debu, alergi, penggunaan lensa kontak maupun terlalu lama melihat layar gadget atau laptop. Nah, biasanya ketika mata gatal terjadi pasti Anda akan langsung menguceknya hingga menyebabkan kemerahan pada mata. Padahal tindakan tersebut justru akan mengakibatkan infeksi mata yang lebih parah.

Jadi, saat mengalami mata merah dan gatal, Anda disarankan untuk tidak menguceknya dengan tangan. Anda dapat mengikuti cara tepat yang sesuai kondisi. Namun, sebelum Anda mengikuti cara mengatasi mata merah dan gatal, sebaiknya Anda mencuci bersih tangan Anda terlebih dahulu. Sementara itu, salah satu cara mengatasi mata merah dan gatal yaitu dengan obat tetes mata.

Sebelum menggunakan obat tetes mata, sebainya periksa terlebih dahulu penyebab mata Anda menjadi merah dan gatal. Sebab, pemakaian obat tetes mata perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, Anda bisa menggunakan antibiotik yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Obat tetes mata tersebut bisa berupa salep mata.

Sedangkan pengobatan mata merah dan gatal akibat alergi, Anda bisa menggunakan obat pereda alergi seperti antihistamin. Anda juga harus menghindari faktor yang menyebabkan alergi. Untuk mata merah dan gatal akibat mata kering, Anda bisa menggunakan obat tetes air mata buatan. Anda dapat membeli obat teter air mata buatan atau artificialtears di apotek sekitar.