Cara Membuka Pintu Mobil Hilux Yang Terkunci Dengan Mudah

Hilux adalah salah satu varian mobil dari Toyota dan menjadi salah satu varian yang cukup populer, terutama di tanah air. Pasalnya tampilannya yang gagah mampu memesona banyak sekali penyuka mobil dalam jenisnya. Terlebih harga yang ditawarkan untuk seri hilux yang paling rendah bisa dibilang termasuk yang paling terjangkau di kelasnya. Itulah mengapa saat ini sudah mulai banyak bermunculan komunitas pemilik mobil hilux di berbagai daerah di tanah air.

Adanya komunitas tentu memberikan dampak positif tersendiri, karena dengan tergabung dalam komunitas maka hal-hal yang terkait mobil hilux yang belum diketahui mungkin akan mulai diketahui melalui komunitas. Misalnya seperti ketika pintu mobil hilux terkunci dari dalam, sehingga bagi orang-orang yang tidak pernah tahu bagaimana cara mengatasinya pastilah akan panik.

Ragam Cara Buka Pintu Mobil Hilux Yang Terkunci

Padahal untuk membuka pintu mobil hilux yang terkunci dari dalam tidaklah sulit, bahkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Bagi yang belum tahu dan penasaran bagaimana cara melakukannya, berikut ini cara-cara yang paling mudah untuk dilakukan meski anda bisa datang ke ahli kunci brankas.

  1. Gunakan gantungan baju

Gantungan baju alias hanger ternyata dapat diandalkan ketika pintu mobil hilux terkunci dari dalam. Dengan catatan, gantungan baju yang dimaksud adalah gantungan baju kawat. Cara memanfaatkannya yaitu dengan terlebih dahulu membuat gantungan baju lurus, sehingga tak berbentuk gantungan baju lagi. Setelah itu, sekitar 3 hingga 5 centimeter ujung dari gantungan yang sudah diluruskan tadi bentuk menjadi melengkung hingga tampak seperti pengait. Lanjutkan dengan memasukkannya ke dalam celah antara jendela dan juga karet jendela. Kemudian balik posisi pengait menjadi mengarah ke bagian dalam mobil, lalu arahkan sedemikian rupa agar pengait menangkap tuas kunci. Apabila telah merasa bahwa pengait sudah menangkap tuas kunci serta melihatnya bergerak maka segeralah tarik agar pintu mobil terbuka.

  1. Gunakan Besi tipis

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan besi tipis, misalnya seperti penggaris. Besi tipis yang dimaksud diselipkan ke celah antara kaca jendela dengan karet, kemudian geser-geser besi tipis yang digunakan hingga merasakan sentuhan dengan panel kunci. Terus gerakkan besi tipis sambil tangan yang lain menekan handle pintu tepatnya pada bagian semacam batang yang apabila ditekan akan naik maupun turun seperti pegas. Terus tekan bagian yang dimaksud sembari menarik handle pintu sampai berhasil terbuka.

  1. Gunakan bola tenis

Cara terakhir dalam pembahasan kali ini yaitu dengan memanfaatkan bola tenis. Tetapi memang harus diakui bahwa cara yang satu ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling sulit karena banyak yang mencobanya dan gagal membuka pintu mobil. Namun tentu saja tak ada salahnya mencoba menggunakan cara ini apabila cara pada poin 1 dan 2 tak memungkinkan untuk dilakukan akibat tak ada besi maupun kawat. Pertama-tama buat lubang pada bola tenis dengan ukuran lubang yang tak perlu terlalu besar. Kemudian arahkan bagian bola tenis yang berlubang pada bagian lubang kunci. Tekan sekuat tenaga bola tenis yang dimaksud hingga gepeng, dengan catatan ketika menekan dilakukan dengan cepat, bukan menekan pelan-pelan. Pastikan pula udara dari dalam bola tenis memang mengarah ke dalam lubang kunci. Apabila masih gagal, maka ulangi terus hingga berhasil dengan sesekali memperbaiki posisi antara lubang pada bola dan lubang kunci.

Selalu Siapkan Kunci Cadangan

Itulah tiga cara yang dapat dilakukan apabila pintu mobil hilux kesayangan ternyata terkunci dari dalam. Agar nantinya lebih mudah ketika pintu mobil hilux tak sengaja terkunci kembali, maka akan cukup bijak rasanya apabila kunci cadangan selalu siap. Sehingga cara-cara di atas tak perlu lagi repot-repot dilakukan.