Cara Beriklan di Facebook Ads

Cara beriklan di Facebook Ads cukup mudah. Tapi sebelum mulai beriklan di facebook, anda harus membuat halaman bisnis di Facebook lebih dulu . Untuk mengatur iklan, anda bisa langsung ke Facebook Ads Manager alias business manager jika sudah punya halaman Facebook bisnis.

Nah, berikut ini cara beriklan di Facebook Ads dengan mudah. Simak selengkapnya langkah langkahnya :

Cara Membuat Halaman Facebook Bisnis

Langkah pertama login ke facebook, jika lupa password gunakan menu lupa kata sandi fb. Jika sudah bisa login silahkan membuat halaman Facebook bisnis. Setelah berhasil, kemudian anda bisa mulai menggunakan Facebook ads manager

1. Pilih Tujuan

Setelah anda login di Facebook Ads Manager, langkah selanjutnya mengklik create untuk mulai iklan atau kampanye Facebook baru anda. Untuk diketahui, terdapat 11 tujuan pemasaran Facebook, ini bisa anda pilih sesuai tujuan pemasaran atau bisnis yang ingin Anda capai. Beberapa opsi tersebut yaitu :

  • Catalog sales

  • Store traffic

  • Messages

  • Conversions

  • App installs

  • Video views

  • Lead generation

  • Brand awareness

  • Reach

  • Traffic

  • Engagement

Nah setelah mengetahui beberapa opsi tujuan iklan diatas, silakan pilih yang paling sesuai dengan tujuan anda. Tentunya tujuan pemasaran atau iklan ini tak lepas dari konversi penjualan. Jika memilih opsi ini, anda bisa bayar per action. Sedangkan untuk tujuan trafik dan view atau eksposure, anda harus membayar untuk inpressions.

2. Beri Nama Kampanye Iklan

Setelah memilih opsi tujuan iklan anda. Anda kemudian memberi nama kampanye iklan. Caranya tinggal scroll ke bawah.

Anda juga bisa mengaktifkan A/B split test atau memilih tidak mengaktifkanya. Selain itu tersedia juga opsi untuk optimalisasi bujet iklan. Jika anda sudah mengoperasikan iklan di Facebook. Anda juga harus memilih apakah fokus di post engagement page atau event responses jika anda memilih tujuan pemasaran engagement.

3. Atur Akun Iklan

Jika anda baru kali ini membuat Facebook ads. Anda klik tombol 'Set Up Ad Account'. Kemudian, anda mengisi rincian data untuk membuat akun iklan. Data data tersebut meliputi mengisi negara, opsi mata uang dan zona waktu, kemudian klik kontinyu.

4. Pilih Audiens

Tahap selanjutnya anda harus membuat nama pada iklan Facebook, pilih halaman mana yang ingin anda promosikan. Untuk menyasar udiens, scroll ke bawah.

Mulailah menentukan sasaran seperti lokasi, gender dan bahasa. Untuk diketahui, perhatikan indikator ukuran audiens pada kanan layar agar bisa peroleh gambaran potensi jangkauan iklan anda ketika memilih audiens target (sasaran).

Anda bisa menarget dengan lebih spesifik dan detail. Terdapat dua kolom untuk anda memilih target audiens. Misalnya, anda bisa input target berdasar minat perilaku dan demografi di kolom detailed targeting. Kemudian anda bisa menargetkan audiens yang telah terkoneksi dengan laman Facebook ads pada kolom connections.

5. Pilih Lokasi Penempatan Iklan

Setelah anda berhasil menentukan atau memilih target audiens. Anda bisa memilih lokasi penempatan iklan dengan scroll kebawah. Pilihan automatic placements, fitur ini biasanya digunakan pemula. Opsi automatic placements bekerja otomatis menempatkan iklan di Facebook, mesanger instagram, iklan ini akan tampil maksimal.

6. Atur Budget dan Jadwal

Langkah berikutnya anda atur biaya iklan Facebook yang akan dikeluarkan. Facebook tidak membatasi nominal biaya untuk iklan. Jadi anda harus mengaturnya sendiri dengan bijak dan tepat sasaran. Anda bisa memilih bujet seumur hidup atau harian. Anda juga bisa mengatur jadwal tayang iklan dan akhir tayangan. Klik continue jika anda sudah selesai melakukan pengaturan ini.

7. Buat Iklan

Ini adalah tahap terakhir dari tutorial cara membuat Facebook ads, yaitu membuat format iklan. Langkahnya, silakan pilih format iklan sesuai tujuan iklan yang sudah anda tentukan sebelumnya. kemudian input komponen media iklan termasuk teks. Jangan lupa tinjau kembali sebelum dipublish. Jika menurut anda sudah bagus tampilan iklanya, selanjutnya klik comfirm. Di tahap ini anda.menunggu sampai Facebook kirim email ke anda bahwa iklan sudah terkonfirmasi tayang.