Acara Mangapuli Dan Karangan Bunga Duka Cita

 

Bagi masyarakat adat batak acara mangapuli akan selalu dilakukan ketika ada keluarga yang berduka. Mangapuli merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menghibur keluarga yang sedang mengalami musibah. Acara ini akan ditemukan di semua masyarakat adat batak dan menjadi salah satu cara untuk menunjukkan rasa peduli dan simpati bagi seseorang yang sedang berduka namun dengan cara yang tidak sembarangan. Agar anda tahu tentang salah satu tradisi yang ada di masyarakat batak ini.

Mengenal Acara Mangapuli

Acara mangapuli adalah acara yang dilakukan saat ada seseorang mengalami musibah atau sedang dalam keadaan yang berduka. Tujuan melakukan acara mangapuli ini adalah memastikan bahwa keluarga yang harus kehilangan anggota keluarganya dalam keadaan baik-baik saja. Tujuan khusus dari acara mangapuli ini adalah memastikan tidak ada masalah mental yang terjadi pada keluarga yang ditinggalkan.

Meskipun demikian acara mangapuli ini tidak dilakukan secara sembarangan karena ada aturan-aturan yang harus dilakukan. Aturan tersebut adalah orang-orang yang datang ke rumah duka untuk melakukan acara mangapuli harus membawa makanan karena acara mangapuli adalah acara makan-makan untuk menghibur keluarga yang berduka. Keluarga yang berduka tidak boleh direpotkan dengan menyediakan makanan dan hanya boleh menyediakan piring dan air minum saja.

Sampai saat ini acara mangapuli ini masih dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada keluarga yang sedang berduka terutama untuk menghindari keluarga yang ditinggalkan mengalami pukulan mental yang berat.

Karangan Bunga Duka Cita

Karena sedang membahas tentang acara mangapuli yang identik dengan duka atau kematian tidalk ada salahnya juga untuk menjelaskan beberapa jenis bunga yang biasa dipakai sebagai ucapan duka. Berikut ini bunga yang biasa dipakai untuk mengucapkan belasungkawa.

Bunga lily putih adalah bunga yang pasti dipakai di rumah duka karena bunga cantik dan wangi ini memiliki arti keagungan, kemurnian dan rasa simpati jadi sangat tepat untuk mewakili keadaan duka dan berharap keluarga yang meninggal bisa pergi dengan tenang. Bunga anyelir juga salah satu bunga yang dipakai untuk mengucapkan belasungkawa, yang paling sering dipakai adalah bunga anyelir putih yang bermakna rasa simpati dan bunga anyelir merah yang memiliki makna semangat dimana kita berharap keluarga yang ditinggalkan akan tetap semangat dan melanjutkan kehidupan mereka.

Bunga mawar juga salah satu bunga yang dipakai untuk mengucapkan belasungkawa, bunga mawra putih yang memiliki makna ketulusan dan rasa hormat dan bunga mawar merah yang memiliki makna semangat banyak dipakai untuk karangan bunga duka cita. Bunga gladiol yang identik dengan tanhkai yang panjang ini sejak jaman Romawi kuno dipakai sebagai bunga untuk mengucapkan duka cita. Bunga krisan adalah jenis bunga lain yang dipakai untuk membuat karangan bunga duka cita.

Untuk menunjukkan rasa simpati dan belasungkawa pada kenalan yang sedang berduka anda dapat memesan karangan bunga duka cita di toko karangan bunga Kudus. Ada berbagai bentuk karangan bunga duka cita seperti buket dan papan bunga yang di jual di toko bunga ini. Untuk karangan bunga duka cita akan memakai 5 jenis bunga yang tadi disebutkan dan harga akan disesuaikan dengan jenis bunga yang dipakai serta ukuran karangan bunga yang dipesan. Makin langka bunga yang dipakai akan di bandrol harga yang lebih mahal namun sesuai dengan kualitas karangan bunga yang akan anda terima dari toko ini.