Cara Menambah Kapasitas RAM Laptop dengan Harddisk Internal ( Virtual Memory )

 

Bagaimana cara menambah kapasitas RAM Laptop, apakah ada Cara Menambah RAM Laptop Sendiri? Jawabannya tentu saja bisa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan hardisk internal atau virtual memory. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan untuk anda cara menambah RAM di laptop anda.

Dengan menambah kapasitas RAM maka RAM laptop anda semakin besar sehingga bisa menampung lebih banyak file. Dengan RAM yang besar pula, kinerja dan performa laptop anda akan lebih baik. Sebab RAM punya fungsi yang sangat penting terkait pemrosesan data.

Jika RAM kecil, akan berpengaruh terhadap kinerja laptop bahkan bisa saja perangkat akan kerepotan dalam memproses data. Untuk itu, penting kiranya melakukan penambahan kapasitas RAM. Simak penjelasan berikut ini :

Cara Menambah Kapasitas RAM Laptop dengan Harddisk Internal ( Virtual Memory )

RAM merupakan singkatan Random Access Memory. Fungsi RAM untuk menyimpan data sementara sebelum ditampilkan di layar monitor. Fungsi RAM sangat vital terkait pemrosesan data. tanpa RAM Laptop atau PC akan kerepotan dalam mengolah data. Setiap perangkat punya kapasitas RAM beda beda. Ada yang berukuran 4-2 GB sampai 512 MB dan berukuran 8 GB keatas.

Untuk perangkat dengan kapasitas RAM kecil misalnya dibawah 2 GB. akan mempengaruhi kinerja perangkat tersebut, laptop atau komputer susah beroperasi maksimal jika RAM kecil. Akan gampang alami macet atau crash, apalagi kalau dipaksa memproses data data terlalu berat.

Meski  RAM bukan satu satunya faktor pendukung lancar tidaknya operasi pasa perangkat PC atau komputer. Karena masih ada hardware lain seperti CPU Monitor dan VGA. Namun pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai RAM yaitu tentang cara menambah kapasitas RAM perangkat seperti Laptop. Simak selengkapnya berikut ini. Sebagai informasi, cara ini diterapkan pada windows 7 tapi bisa juga bisa diaplikasikan di windows jenis lain.

Langkah-Langkah Menambah Kapasitas RAM Laptop dengan Harddisk Internal ( Virtual Memory )

 

  1. Buka Start Menu lalu klik kanan di “Computer”, kemudian pilih “Properties”;
  2. Kemudian pilih/klik advanced System Settings;
  3. Selanjutnya Switch ke Tab “Advanced”;
  4. Setelah itu klik “settings” pada menu Performance;
  5. Langkah berikutnya klik Change di Tab Advanced
  6. Kemudian bakal tampil lagi window
  7. Setelah itu anda hilangkan checklist di bagian “Automatically manage paging file size for all drives”;
  8. Kemudian atur sesuai kebutuhan.
  9. Hilangkan centang di Bagian 1, lalu highlight ( klik ) di drive “C:\”Pilih Custom Size.
  10. Di bagian 3 Isi kapasitas yang anda inginkan lalu klik set di bagian 4.

Tambahan :

Isi beberapa kapasitas RAM yang ingin anda tambah di bagian initial size (MB).

Pada bagian “Maximum size (¬† MB )” isi 2x lipat dari ukuran Initial size. Contohnya : jika ingin tambahkan kapasitas 3866 MB di bagian initial size, maka anda harus tambahkan 2 x lipat pada bagian maximum size, sebesar 7732 MB.

  1. Setelah melakukan proses ini, selanjutnya anda klik Set lalu klik OK
  2. Silahkan reboot laptop anda dan periksa hasilnya.

Nah itulah tadi cara menambah kapasitas RAM Laptop dengan mudah. Dengan RAM yang cukup lega maka laptop bisa untuk simpan berbagai data lebih besar. Meski demikian, dengan bertambahnya RAM bukan berarti otomatis laptop performa jadi lebih baik dan bisa untuk dioperasikan untuk hal hal berat karena RAM bukan satu satunya faktor.

 

Related Posts