Apakah berbahaya Menambal Gigi Saat Hamil?

Gigi berlubang sangat mengganggu dan sebaiknya segera di tambal, tapi apakah ibu hamil boleh melakukakan prosedur ini?

Gigi berlubang memang dapat terjadi pada siapapun, termasuk juga seorang ibu yang sedang hamil. Tambal gigi menjadi satu solusi yang tentunya umum untuk menangani gangguan gigi yang berlubang.namun pertanyaanya apakah aman menambal gigi saat hamil?. Terkadang rasa kurang nyaman menjadikan ibu hamil enggan untuk menjalani tindakan tersebut. Padahal dengan tetap memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin, masalah-masalah yang kemungkinan terjadi dapat diketahui dan teratasi sejak dini.

Perawatan gigi pada ibu hamil

Perawatan gigi pada ibu hamil umumnya bisa dilakukan kapan saja. Tapi, ada waktu terbaik adalah di trimester kedua, yaitu minggu ke-14 hingga 20. Hal itu disebabkan perkembangan janin pada trimester kedua sudah lengkap dan resiko efek samping lebih redah. Menurut penelitian, pada masa itu ibu hamil aman untuk melakukan perawatan, seperti pencabutan, penambalan maupun perawatan saluran akar.

Perawatan rutin pada gigi dan mulut sangat penting

Semakin meningkatnya resiko penyakit gigi dan mulut saat kehamilan, perawatan preventif sangat penting untuk dilakukan demi menghindari infeksi pada rongga mulut. Pada ibu hamil yang merencanakan kehamilan sangat disarankan untuk melakukan perawatan gigi dan mulut, yang mana itu dapat mencegah timbulnya gangguan yang mungkin terjadi. Untuk menjaga kesehatan rongga mulut, rajinlah merawat dengan menggosok gigi dua kali sehari pilihlah sikat yang berbulu lembut. Hal ini berfungsi untuk mencegah iritasi.

Lalu gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap kuat, sehingga terhindar dari kerusakan. Lakukan juga flossing agar sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi terangkat. Jika kerusakan gigi sudah terjadi, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan dan perawtan, termasuk tambal gigi. Hal ini agar kondisi gigi anda tidak semakin parah. Informasikan kehamilan pada dokter gigi agar dapat dilakukan perawatan yang sesuai dengan kondisi anda.

Related Posts