7 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat di Luar Bandung

Ada beberapa tempat wisata terbaik di Jawa Barat yang berada di luar Kota Bandung. Banyak di antaranya cukup dekat dengan Bekasi, jadi Anda bisa memakai mobil sendiri atau rental mobil Bekasi. Dengan transportasi sendiri, tentu Anda lebih mudah memilih waktu dan destinasi wisata yang sesuai.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jawa Barat Selain Bandung

Memang tidak bisa dimungkiri bahwa Bandung adalah gudangnya temapt wisata yang menarik. Namun, sebetulnya, ada banyak tempat wisata bagus di luar ibu kota Provinsi Jawa Barat ini. Di bawah ini hanyalah tujuh di antaranya.

1. Cukang Taneuh, Pangandaran

Tempat wisata alam satu ini lebih dikenal dengan nama Green Canyon. Nama ini dipopulerkan wisatawan Prancis karena mirip Grand Canyon Arizona tetapi berwarna Hijau. Di sini Anda akan naik perahu dan berlayar di sela-sela tebing hijau. Di tengah-tengah perjalanan, Anda bisa beristirahat sambil menikmati makanan tradisional lalu melanjutkan perjalanan ke hilir menyambut matahari tenggelam.

2. Pantai Puncak Guha, Garut

Pemandangan unik di Pantai Puncak Guha bukan pasir putih atau ombak biru, tetapi pemandangan ratusan kelelawar beterbangan keluar dari gua bawah tebing saat matahari terbenam.

Tempat wisata terbaik di Jawa Barat untuk melihat kelelawar ini berjarak 10 menit dari Pantai Rancabuaya ini juga terkenal sebagai spot melihat matahari terbenam. Anda bisa melihatnya di ujung tebing kecil yang menghadap langsung ke lautan luas.

3. Situ Gunung, Sukabumi

Tempat wisata satu ini berjarak 4 jam perjalanan dari Jakarta atau Bandung, lebih tepatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di sana, Anda bisa menyewa perahu untuk mendayung mengitari danau atau memasang tenda di area perkemahan untuk mencoba melewati malam di alam bebas.

4. Mega Wisata Icakan Ciamis

Salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Barat ini berada di kaki Gunung Syawal dan memiliki luas 70 hektare. Wahana yang disediakan ada banyak, mulai dari flying fox, bus atau kereta wisata, naik kuda atau gajah, wahana air seperti water boom atau sepeda air, dan lain-lain.

Karena terletak di kaki gunung, udara di tempat ini juga sejuk. Selain aneka wahana di atas, ada juga fasilitas lain, seperti danau buatan dan gazebo, sirkuit, kolam terapi ikan, penginapan, dan lain-lain.

5. Curug Cikaso

Wisata alam satu ini terdiri dari 3 air terjun yang saling berdampingan. Ketiga air terjun ini memiliki nama masing-masing dan terletak dekat dengan Pantau Ujung Genteng. Harga tiketnya pun masih murah.

Air terjunnya bisa mencapai tinggi 80 meter dan lebar 100 meter. Di sana, Anda bisa mandi sambil menikmati pemandangan indah. Saat cuaca cerah, akan ada pelangi kecil di air terjun nantinya. Kampung Sampireun, Garut

Kampung Sampireun terkenal sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Barat untuk foto pengantin baru. Resort alami ini juga sering didatangi sebagai tempat bulan madu.

Di sini, ada 22 bungalow dan fasilitas menginap lain yang cocok untuk liburan keluarga. Anda juga bisa menikmati keindahan Situ Sampireun dan ribuan ikan hias di dalamnya.

6. Pasar Ah Poong Sentul

Tempat wisata satu ini menawarkan wisata kuliner di atas air. Berlokasi di Sentul City, tempat wisata ini juga menjadi incaran penduduk ibukota. Pasar Ah Poong menyediakan masakan dalam dan luar negeri. Disediakan pula perahu-perahu yang bisa dinaiki gratis dan dioperasikan petugas.

Persiapan Penting Sebelum Berwisata

Ada banyak hal yang dipersiapkan sebelum berwisata, apalagi jika Anda ingin bermain air. Ada hal-hal yang harus dipersiapkan dengan baik, seperti baju ganti, perlengkapan mandi, bekal, uang, dan lain-lain.

Jangan lupa memilih moda transportasi yang cocok dan hotel bila menginap. Pelajari juga tempat wisata dengan akurat agar tidak salah pilih.