Cara Belajar Past Future Tense yang Mudah

Past future tense adalah salah satu dari 16 tenses yang ada pada bahasa Inggris. Keberadaannya amat penting karena berhubungan dengan tata bahasanya. Untuk itu, mempelajari past future tense ini amat penting.

Mengungkapkan kalimat dalam bahasa Inggris tidaklah sama dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini karena terdapat penanda-penanda khusus. Pass future tense sendiri umumnya digunakan untuk mengekspresikan hal-hal yang akan terjadi di masa depan, tetap telah dibicarakan pada masa lalu.

Misalnya seperti Anda membuat suatu rencana seminggu yang lalu dan akan dilaksanakan hari ini. Maka kegiatan Anda di minggu yang lalu tersebut dapat diungkapkan dengan menggunakan past future tense ini.

Belajar Past Future Tense

Untuk mempelajari past future tense ini, hal pertama yang harus diketahui yaitu memahami terlebih dahulu bagaimana rumus untuk membentuk kalimatnya. Kemudian mengetahui dan memahami tanda-tanda khususnya, misalnya kata kerja yang dipakai.

Belajar bersama Inggrism akan membantu Anda dalam memahami penggunaan past future tense sesuai dengan cara penggunaannya dengan mudah.

  1. Ketahui Maknanya

Past future tense adalah pola kalimat yang digunakan pada tata bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terjadi di masa depan namun telah dibicarakan di masa lalu.

Jadi, ketika Anda saat ini sedang menjalankan rencana di masa depan dan dulu pernah dirancang, maka peristiwa ini jika diekspresikan menggunakan past future tense.

  1. Untuk Mengandaikan

Past future tense juga dapat digunakan untuk menyatakan kalimat pengandaian terhadap suatu keadaan. Jika Anda sedang merencanakan sesuatu, tetapi ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, di sinilah past future tense ini digunakan untuk mengandaikan keadaan tersebut.

  1. Pahami Anggota Past Tense

Untuk dapat menghafal materi past future tense dengan mudah, Anda juga harus mengetahui perbedaan anggota-anggota past tense sehingga tahu bedanya.

Setelah Anda mengetahui tanda-tanda yang biasa digunakan pada setiap anggota past tense, kemudian buatlah tabel agar terlihat perbedaannya dengan jelas. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam mengekspresikannya.

Rumus Past Future Tense

Past future tense sebagai pola kalimat tentu memiliki rumus penyusunannya yang membedakan diantara past tense yang lainnya. Dengan mengetahui rumus pola kalimatnya ini, Anda akan dapat memahami dengan mudah serta mempraktekkannya.

Rumus pola kalimat untuk membentuk past future tense akan memudahkan Anda dalam menghafal dan mempraktikkannya. Past future tense memiliki tiga bentuk kalimat yaitu positif, negatif dan tanya.

Rumus Pola Kalimat Positif

Untuk menyatakan kalimat penyataan pendukung, maka menggunakan kalimat positif ini. Pada past future tense terdapat auxiliary verb dan present participle yang berbeda. Rumus kalimatnya:

  • Subject + would/should + bare infinitive

  • Subject + were/was + going to + bare infinitive

Contoh kalimatnya:

  • Doni would speak to the people.

  • Mariana was going to cook a new menu.

Rumus Pola Kalimat Negatif

Kalimat negatif digunakan untuk mengespresikan penolakan terhadap suatu kejadian yang sedang diterangkan. Rumus kalimatnya:

  • Subject + would/should + not + bare infinitive

  • Subject + were/was + not + going to + bare infinitive

Contoh kalimatnya:

  • Doni would not speak to the people.

  • Mariana was not going to cook a new menu.

Rumus Pola Kalimat Tanya

Kalimat negatif digunakan untuk mengespresikan pertanyaan atau konfirmasi atas peristiwa tertentu. Rumus kalimatnya:

  • Would/should + Subject + bare infinitive + ?

  • Were/was + Subject + going to + bare infinitive + ?

Contoh kalimatnya:

  • Would Doni speak to the people?

  • Was Mariana going to cook a new menu?